Candi Sewu Objek Wisata Bersejarah Di Jogja

Candi Sewu Objek Wisata Bersejarah Di Jogja
Image

Candi Sewu Objek Wisata Bersejarah Di Jogja  – Indonesia memang kaya akan nilai sejarah. Salah satu buktinya terdapat pada situs-situs bersejarah seperti bangunan candi. Candi sewu tidak kalah terkenalnya dengan candi lainnya yang berada di daerah klaten. Lokasinya tidak terlalu jauh dari candi yang fenomenal. Ada puluhan candi kecil lainnya yang juga berhasil dipugar sehingga menjadi tempat wisata sejarah yang layak untuk dikunjungi. Berkunjung ke candi ini pasti tidak akan rugi.

Jam Buka:06.00-17.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 20.000,00- Rp 40.000,00
Nomor Telpon:0274 496 413
Aktivitas:Berkeliling candi, melihat sunrise dan sunset, berfoto
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlengkapan Perlu Dibawa:Topi, kamera, air minum
Larangan:Berkata kotor, Berpakaian terbuka, Tidak Merusak kawasan sekitar
Alamat:Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Fasilitas Umum:Area parkir kendaraan, Toilet, Mushola, Kursi untuk beristirahat
Akses Jalan:Bagus
Warung/kedai:Tersedia

Sejarah Candi Sewu

Candi sewu ini adalah candi budha yang terbesar kedua setelah candi borobudur. Bangunan candi ini dibangun pada abad ke-8, tepatnya satu abad sebelum masuknya islam di indonesia. Dilansir dari candi.perpusnas.go.id, ternyata usia tempat ini jauh lebih tua dari candi prambanan dan candi borobudur. Kemudian menurut sumber tertulis prasasti kelurak (782 m) dan prasasti manjusri grha, situs ini memiliki nama asli “prasada vajrasana” yang artinya candi atau candi.

Pada masa pemerintahan raja rakai pikatan, beliau sempat merestorasi dan memperluas areal candi. Sehingga memiliki landasan regional seperti sekarang ini. Sekadar informasi, rakai pikatan adalah seorang pemimpin dinasti sanjaya.

Ia kemudian menikah dengan pramodhawardhani, seorang putri dari dinasti syailendra. Keduanya memiliki keyakinan yang berbeda. Namun ketika dinasti sanjaya berkuasa, masyarakat diberi kebebasan untuk memeluk agama apapun. Hal ini pula yang menjadi latar belakang sejarah mengapa terdapat cukup banyak bangunan candi budha-hindu yang berdampingan.

Harga Tiket Masuk Candi Sewu

Tempat wisata klaten ini bisa dinikmati keindahannya hanya dengan membayar tiket masuk. Ada dua akses masuk menuju lokasi, yaitu melalui pintu masuk candi prambanan dan melalui candi itu sendiri. Berikut daftar harga tiket terupdate untuk kawasan ‘Seribu Candi’ ini:

  • Tiket masuk via candi prambanan – dewasa Rp 40.000,00/orang
  • Tiket masuk via candi prambanan – anak-anak Rp 20.000,00/orang
  • Tiket masuk melalui candi sewu Rp10.000/orang
  • Parkir motor Rp 5,000.00
  • Parkir mobil Rp 10.000.00

Tempat Wisata Candi Sewu

Ada cukup banyak fakta menarik yang bisa anda temukan di kompleks wisata candi ini. Dan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang tidak mungkin ditemukan di candi-candi lain. Apa daya tariknya? Berikut informasinya.

Jumlah Candi Tidak Genap 1000 Buah

Tahukah anda, meskipun nama candi ini memiliki arti seribu candi, namun kenyataannya tidak demikian. Jumlah total bangunan candi tidak genap 1.000, tetapi hanya 249. Lalu mengapa disebut seribu candi? Hal ini rupanya dipengaruhi oleh legenda Roro Jonggrang.

Candi Sewu
Candi Sewu – Credit Image: solopos

Legenda Roro Jonggrang

Anda tentu tidak asing dengan legenda yang satu ini. Legenda roro jonggrang konon menjadi asal muasal dibangunnya candi ini. Dikisahkan ada seorang pangeran yang ingin menikahi roro jonggrang. Pangeran bandung bondowoso namanya. Namun roro dalam hatinya menolak karena pangeran bandung bondowoso telah membunuh ayahnya. Tidak ingin menyakiti hati pangeran, roro kemudian mengajukan syarat untuk membangun seribu candi hanya dalam satu malam.

Pangeran setuju. Dengan bantuan jin, pembangunan candi berjalan dengan cepat. Untuk menggagalkan pembangunan candi ke-1.000, roro kemudian meminta ayam jantan berkokok. Mendengar suara ayam berkokok, pasukan jin yang sedang sibuk membangun candi tiba-tiba berhenti dan pergi. Mengetahui hal ini, sang pangeran sangat marah dan mengutuk roro menjadi kuil. Nah, candi jelmaan roro jonggrang ini adalah candi yang ke 1000.

Sarana Belajar Sejarah Dan Budaya

Anda dapat mempelajari sejarah candi ini dari relief yang terpahat indah di dinding candi. Relief ini menceritakan kehidupan pada masa itu. Tentunya dengan bantuan seorang pemandu, anda akan mendapatkan banyak informasi valid tentang candi ini.

Pertunjukan Seni

Kami informasikan bahwa di sekitar kompleks candi ini terdapat pertunjukan seni yang rutin diadakan di halaman candi prambanan. Pertunjukan seni diadakan setiap hari selasa, kamis, dan jumat. Pertunjukan seni biasanya dimulai pada pukul 19.30 hingga 21.30 wib. Pertunjukan seni yang dipentaskan berupa drama, musik tradisional jawa, dan sendratari ramayana.

Spot Foto

Apakah anda suka selfie? Anda berhak memilih kompleks candi ini sebagai tujuan wisata anda. Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang bangunan candi yang megah dan sarat akan nilai estetika yang sangat otentik. Apalagi saat hari cerah. Hasil jepretan anda pasti akan indah dengan dukungan langit biru yang dihiasi awan putih.

Demikian ulasan tentang Candi Sewu Objek Wisata Bersejarah Di Jogja , semoga bermanfaat.

0Shares
Image

Leave a Reply