Destinasi Wisata Taman Sari Kota Yogyakarta

asa ardiana

Destinasi Wisata Taman Sari
Destinasi Wisata Taman Sari - Credit Pict: Wikipedia

Destinasi Wisata Kota Yogyakarta Taman Sari – Taman sari merupakan salah satu tempat wisata di jogja yang paling populer dengan berbagai spot foto menarik di dalamnya. Taman sari jogja dulunya merupakan taman atau taman keraton keraton ngayogyakarta hadiningrat pada masa sultan hamengku buwono i.

Memiliki sekitar 57 bangunan berupa bangunan gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, saluran air, dan lain-lain yang masih berdiri kokoh. Taman sari yogyakarta gardens, yang dikenal sebagai “the fragrant gardens”, digunakan secara efektif antara tahun 1765 dan 1812. Dan kini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata populer di yogyakarta yang tidak pernah sepi dari wisatawan.

Destinasi Wisata Taman Sari

Jam Buka:09.00 – 14.00 WIB
Tiket Masuk:Rp. 5000 : Tiket Turis Lokal
Rp 15.000 : tiket turis internasional
Rp 250.000 : prewedding
Rp 150.000 : foto pelajar/mahasiswa
Rp 250.000 : sesi foto
Rp 500.000 : foto produk
Nomor Telpon:
Aktivitas:Berburu Foto Instagenic, mengenal Sejarah dan Budaya
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlengkapan Perlu Dibawa:Topi, kamera, air minum
Larangan:Pakaian yang sopan
Alamat:Jl. Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta
Fasilitas Umum:– Area parkir yang luas
– Guide Wisata
– Akses jalan yang baik
– Penginapan
– Cafetaria
– Pusat oleh-oleh
– Toko souvenir dan cenderamata
– Spot foto instagenic dan lainnya.
Akses Jalan:Bagus
Warung/kedai:Tersedia

Harga Tiket Masuk Taman Sari

Jogja merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi banyak orang di berbagai daerah di indonesia. Terbukti saat akhir pekan dan musim liburan, kota jogja selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Menurut mereka jogja adalah daerah yang cocok untuk jalan-jalan sambil bersantai, dan itu benar. Dan juga mengunjungi tempat wisata paling ikonik di yogayakrta, taman sari misalnya.

Wisata taman sari di jogja merupakan salah satu destinasi andalan yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Untuk bisa menjelajahi taman sari jogja dengan gedung-gedung yang menarik, anda perlu menyiapkan sejumlah dana. Tiket masuk taman sari jogja hanya rp. 5.000 per orang, sangat murah bukan? Namun, jika anda akan melakukan sesi foto dengan menggunakan kamera dan peralatan profesional, akan dikenakan biaya tertentu. Biaya yang berlaku adalah:

  • Idr 15.000 : tiket turis internasional
  • Rp 250.000 : prewedding
  • Rp 150.000 : foto pelajar/mahasiswa
  • Rp 250.000 : sesi foto
  • Rp 500.000 : foto produk
Destinasi Wisata Taman Sari Kota Yogyakarta
Destinasi Wisata Taman Sari Kota Yogyakarta – Credit Pict: aliftourjogja.com

Alamat Dan Lokasi Rute

Lokasi taman sari cukup strategis dan mudah dijangkau, berada di kawasan dengan luas 10 hektar. Kompleks taman sari jogja setidaknya terbagi menjadi 4 bagian, yang pertama di sisi barat adalah danau buatan. Selanjutnya yang berada di bagian selatan danau buatan yaitu bangunan pemandian umbul binangun. Yang ketiga terletak di selatan bagian kedua, yaitu kolam garjitawati dan pasar ledok sari.

Dan yang terakhir adalah kompleks maganga yang terletak di sebelah timur bagian pertama dan kedua. Alamat untuk taman sari jogja sendiri terletak di desa patehan, kecamatan kraton, kota yogyakarta, daerah istimewa yogyakarta. Dari pusat kota jogja atau 0 kilometer, sangat dekat untuk mencapai wisata cantik ini. Jaraknya hanya sekitar 1,6 km dan membutuhkan perjalanan panjang sekitar 6 waktu berkendara.

Jam Buka

Buat kamu yang sudah merencanakan perjalanan liburan seru dan masih bingung jam berapa taman sari jogja buka. Jam buka taman sari jogja adalah pukul 09.00 – 14.00 wib dan dibuka untuk umum setiap hari. Datanglah lebih awal agar bisa jalan-jalan dan keliling jogja hit tour ini sampai puas.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Sesampainya di kawasan cagar budaya taman sari, wisatawan dapat menelusuri jejak reruntuhan dan sisa bangunan megah yang masih ada. Pengunjung dijamin akan dibuat takjub dengan setiap sudut bangunan yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Bangunan keraton ngayogyakarta hadiningrat yang dibangun pada masa sultan hamengku buwono i siap memanjakan anda yang hobi fotografi.

Spot Foto Terbaik

Dulunya memiliki 57 bangunan, dan sekarang yang bisa dilihat hanyalah bangunan di sisi barat daya kompleks kedhaton. Anda dapat melihat lebih dekat pada bagian lainnya dan menggunakannya sebagai latar belakang saat mengambil foto narsis. Ada beberapa spot di taman sari jogja yang unik dan menyimpan banyak sejarah di dalamnya, seperti:

  • Gerbang besar taman sari. Dulunya tempat pemberhentian kereta sultan dan keluarganya.
  • Rumah kost. Dulunya berguna sebagai tempat sultan bermeditasi dan menyusun strategi perang.
  • Pembuatan spanduk. Dua kolam dengan air berwarna biru yang konon pernah menjadi tempat mandi putri raja dan selir raja.
  • Gumil yah. Masjid bawah tanah dengan ruangan berbentuk persegi yang dihubungkan oleh 5 anak tangga.
  • Gedung kenongon. Dulu berfungsi sebagai tempat makan raja dan juga sebagai tempat memata-matai musuh.
  • Panggung gedhong gapura. Di sekelilingnya terdapat relief ular dan dulunya merupakan tempat sultan menikmati pertunjukan tari dan musik gamelan.

Demikian ulasan tentang Destinasi Wisata Kota Yogyakarta Taman Sari, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Artikel Terkait

Tags

Tinggalkan komentar